Minggu, 04 Maret 2012

cara memasukan file sample sf2 ke dalam battery

Salam sejahtera buat para player KORG PA-50 Semuanya, pada kesempatan ini saya akan berbagipengalaman tentang cara memasukan file sample sf2 ke dalam battery, Disini saya mencoba Software Reaper sebagai Host nya dan Battery sbg Vsti nya.
Sebelum membahas lebih lanjut,saya anggap temen2 semua sudah tau cara setting dari masing2 software baik itu Reaper maupun Battery sehingga disini saya menganggap temen2 sudah bisa mengkoneksikan Keyboard ke Reaper dan begitu juga dgn Battery, sehingga disini kita fokus untuk membahas tentang cara MEMASUKAN FILE SOUND SAMPLING .sf2 ke dalam BATTERY.
Langsung saja kita meluncur ke TKP ......!!!

01. Langkah pertama mari kita buka Software Reaper, lihat gambar di bawah ini :


02. Selanjutnya silahkan anda buat satu Track Instrument , lihat gmbr di bwh ini :


03. Pilih Battery sbg Vsti yang mau anda pakai, lihat gmbr di bawah ini :


04. Di bawah ini adalah penampakan dari Software BATTERY :

Untuk memasukan file sample .sf2 kita harus membuka dulu folder Sample dari file.sf2 tadi.
Langkah yang harus kita lakukan adalah dgn menekan tombol atau Tab atau apa aja istilahnya yang jelas letak tombol/tab tersebut adalah seperti yang saya tunjuk dengan anak panah pada gambar di bawah ini. Coba anda klix, nanti akan muncul tampilan letak/posisi di Drive mana dan folder apa kita meletakan file-file .sf2 tadi. Sebagai contoh saya meletakan file-file .sf2 di Drive D.

Silahkan anda klix yang bertanda panah :


05. Perhatikan tampilan selanjutnya pada gambar di bawah ini :
Yang saya tunjuk dengan anak panah adalah kumpulan file .sf2 dan disini saya mengambil contoh di Drive D tempat saya menyimpan/meletakan file-file sample .sf2 .


06. Sekarang kita coba mencari file sample dari masing-masing file.sf2 tadi.
Tiap file .sf2 bila kita perhatikan terdiri dari dua folder yaitu folder Program dan folder Sample.
Cukup dengan meng-klix nama Soundfont yang kita pilih maka dua folder tadi akan muncul di bawah nama file soundfont.
Lebih jelasnya coba lihat gambar di bawah ini :



Dari dua folder diatas coba Klix folder Sample maka di kolom sebelah kanan akan di tampilkan nama sample dari file soundfont tadi. Lihat gambar di bawah ini :


Jika anda ingin mendengar kan sound sample tersebut maka silahkan klix tombol LISTEN seperti gambar di bawah ini :


Oke,... kita telah menemukan file sample dari file.sf2.
Langkah selanjutnya adalah menata file-file sample tersebut ke dalam kotak-kotak BATTERY.

Caranya adalah :

"KLIX KIRI DAN TAHAN " nama soundsample tadi, lalu "TARIK / SERET" ke dalam kotak BATTERY".

Lihat gambar proses menata file sample.sf2 ke dalam Battery di bawah ini :


Tanda panah pada gambar di atas menjelaskan bahwa proses meletakan file sample.sf2 ke dlm Battery di awali dengan cara meng- KLIX KIRI & TAHAN file sample lalu SERET / TARIK ke dlm kotak Battery.Pada tahab ini boleh di bilang kita telah berhasil meletakan/memasukan file sample .sf2 ke dlm Battery, tapi masih banyak hal lagi yg perlu di perhitungkan, diantaranya adalah :

A. Pastikan anda cek dgn benar nada dasar dari sample .sf2 tadi.

-contoh gambar di atas ,saya meletakan file sample.sf2 di posisi kotak nada F# karena klo tidak salah nada dari sample.sf2 Gamelan di atas adalah nada F#. Untuk soundfont yg lainya silahkan anda cek sendiri.

B. Pengaturan Range.

-Lihat gambar di bawah ini untuk cara mengatur Range :


Tanda panah warna kuning menunjukan bahwa anda terlebih dahulu hrs menekan tombol LEARN sampai lampunya nyala kedip-kedip warna kuning, lalu perhatikan tanda panah warna biru yg menunjukan interval Range dari file sample yg telah anda masukan ke dlm Battery tadi. Karena tadi saya meletakan file sample di kotak nada F# maka Interval Range saat ini adalah F# -- F# karena kita
belum men-setting interval Range nya seperti gambar di bawah ini :


Selanjutnya mari kita atur interval Range dari sound sample tadi dgn cara sbb :

01.Tekan tombol LEARN sampai nyala kedip-kedip berwarna kuning.

02.Pada saat lampu nyala kedip-kedip silahkan anda tekan batas bawah dari interval Range yg anda kehendaki misalnya C1 (tekan tuts keyboard C paling pinggir kiri) lalu dlm wktu secepat mungkin anda tekan batas atas interval Range yg anda kehendaki misalnya C6 (tekan tuts keyboard C paling kanan).
Jika anda berhasil melakukan langkah diatas,maka secara otomatis Interval Range sound sample file.sf2 yagn anda tata tadi akan berubah menjadi "C1 ---- C6"
Maka bila anda menekan tuts keyboard molai dari C1 sampai C6 yang tampil adalah soundsample yg telah anda masukan ke dlm Battery tadi.
Lihat gambar interval Range di bawah ini :


Selanjutnya untuk supaya bisa mendapatkan kwalitas sound sesuai yg anda harapkan memang di tuntut kesabaran/ketelatenan/kejelian dlm mengatur dari masing2 value effect sprt velocity, modulasi,sustain.attack,resonance dll yg kesemuanya telah di tersedia di dlm fitur Battery.

JANGAN LUPA menyimpan/ SAVE hasil setting soundample anda agar untuk memudahkan di saat kita membutuhkan settingan trsbt kita tinggal open datanya saja.


Begitulah langkah2 memasukan file.sf2 ke dlm BATTERY.


Saya menyadari masih banyak kekurangan di dlm TUTORIAL ini karena keterbatasan pengetahuan yg saya miliki, mohon kritik,saran serta hal2 lain yg perlu di tambahkan dari temen2 smua ke dlm TUTORIAL ini supaya bisa melengkapi...

Semoga bermanfaat bagi kita semua...

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com